Artikel

SMART CAR ANTI MALING DENGAN TINGKAT KEAMANAN MENGGUNAKAN FACE RECOGNITION DAN VOICE RECORDING

https://www.suara.com/otomotif/2020/01/26/120000/kunci-mobil-berteknologi-tinggi-tips-anti-macet-sampai-cegah-maling?page=all

 

Semakin berkembangnya teknologi menyebabkan tindakan kriminalitas semakin meningkat diantaranya pencurian. Kapolres Cirebon Kabupaten AKBP Suhermanto mengakui mengalami peningkatan signifikan dari tahun lalu, yakni kasus pencurian roda empat yang meningkat hingga dua kali lipatnya.

Perpaduan kedua alat face recognition dan voice recording dapat diciptakan sistem keamanan pada kendaraan mobil. Face recognition pada mobil bertujuan untuk mengidentifikasi wajah pengemudi sebelum mesin mobil siap untuk dihidupkan apabila teridentifikasi bukan pemilik mobil yang mana sebelumnya sudah dimasukan identitas wajah pemilik kendaraan mobil, maka mesin mobil tidak akan terstarter/aktif. Sedangka untuk voice recording berfungsi untuk merekam suara untuk diberikan perintah untuk memulai menghidupkan mesin dan mulai mengidentifikasi wajah pengemudi. Sehingga peneliti dapat menciptakan sistem keamanan pada kendaraan mobil yang disebut Smart Car Anti Maling dengan Tingkat Keamanan Menggunakan Face Recognition dan Voice Recording.

Sensor suara merupakan alat yang mampu mengubah gelombang Sinusioda suara menjadi gelombang sinus energi listrik (Alternating Sinusioda Electric Current). Alat pendeteksi sinyal suara bekerja berdasarkan prinsip pemfilteran suara yang didengar oleh komponen mikrofon. Sinyal analog hasil pembacaan mikrofon disaring menggunakan unit bandpass filter yang meloloskan sinyal analog. Sensor suara bekerja berdasarkan besar/kecilnya kekuatan gelombang suara yang mengenai membran sensor yang menyebabkan bergeraknya membran sensor yang juga terdapat sebuah kumparan kecil di balik membran tadi naik dan turun (Tarigan AJ, 2015).

Pengenalan wajah (Face Recognition) adalah suatu metoda pengenalan yang berorientasi pada wajah. Pengenalan ini dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu : Dikenali atau tidak dikenali, setelah dilakukan perbandingan dengan pola yang sebelumnya disimpan di dalam database. Metoda ini juga harus mampu mengenali objek bukan wajah. Perhitungan model pengenalan wajah memiliki beberapamasalah. Kesulitan muncul ketika wajah direpresentasikan dalam suatu pola yang berisi informasi unik yang membedakan dengan wajah yang lain.(M Turk, 1991).

Eigenface berasal dari Bahasa Jerman “eigenwert” dimana “eigen” artinya karakteristik dan “wert” artinya nilai. Teknik ini pertama sekali dikembangkan oleh Mathew Turk dan Alex Pentland dari Vision and Modelling Group, The Laboratory, Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1987. Metode ini terus dikembangkan dengan merubah cara perhitungan matriks kovarian melalui perhitungan sebanyak N2xN2 untuk memperoleh N2 vektor eigen (eigenvector) dan nilai eigen (eigenvalue). Sebaliknya, dengan modifikasi yang diajukan hanya perlu dilakukan MxM Perhitungan yang lebihefisien dibandingkan perhitunganN2xN2.(Fatta Hanif, 2009).

Webcam adalah suatu perangkat keras yang terhubung dengan komputer dan mempunyai kemampuan menangkap atau mengambil citra statis maupun citra bergerak (video) tergantung pada program yang digunakan. Sebuah webcam biasanya dihubungkan dengan komputer melalui port USB ataupun port COM. Webcam banyak digunakan untuk image processing yang akan diolah oleh komputer dengan perangkat lunak lainnya baik itu pemrosesan berbasis piksel, RGB, tepi dan lain–lain.(Wardhana, 2008).

Raspberry Pi (juga dikenal sebagai RasPi) adalah sebuah SBC (Single Board Computer) seukuran kartu kredit yang dikembangkan oleh Yayasan Raspberry Pi di Inggris (UK) dengan maksud untuk memicu pengajaran ilmu komputer dasar di sekolah-sekolah. Raspberry Pi menggunakan system on a chip (SoC) dari BroadcomBCM2835, juga sudah termasuk prosesor ARM1176JZF-S 700 MHz, GPU VideoCore IV dan RAM sebesar 256 MB (untuk Rev. B). Tidak menggunakan hard disk, namun menggunakan SD Card untuk proses booting dan penyimpanan data jangka-panjang (Richardson, 2013).

Bahasa Pemograman Phyton Untuk menulis scrip program python dapat mengubah word processing seperti notepad pada windows atau vim pada linux dengan ketentuan ekstensi file yang dibuat adalah “.py”. Namun pada dasarnya python telah dilengkapi dengan IDE yang digunakan untuk penulisan script program yang bernama IDLE. (Richardos, 2013).

 

 

Referensi

Tarigan,AJ. 2015. Implementasi Speech Recognition pada Aplikasi Pembelajaran yang Ditujukan untuk Membantu Anak-Anak Penderita Gangguan Disleksia dengan Metode Hidden Markov Model dan Metode Multisensori, Universitas Sumatra Utara. . (Diakses pada 19 September 2019)

Turk, A. Pentland. 1991. Eigenfaces for Recognition. Journal of Cognitive Neuroscience, 1(1).

Fatta, Hanif Al. 2009. Rekayasa Sistem Pengenalan Wajah. Yogyakarta: CV Andi Offset

Wardhana, dkk. 2008. Pengunaan Metode Tamplate Matching untuk Identifikasi Kecacatan pada PCB. Informatika: yokyakarta.

Richardson, M dan S.Wallace. 2013 Getting Started With Raspberry Pi. O’Reilly Media, Inc.,USA.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close