Artikel

Sabun dari Minyak

https://www.hipwee.com/tips/jangan-jijik-dulu-sama-minyak-jelantah-ternyata-manfaatnya-sekeren-ini/

Di masa pandemi saat ini, menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan pola hidup sehat menjadi sangat penting untuk mencegah terjadinya penularan COVID 19. Salah satu caranya yaitu dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Pengertian sabun adalah bahan yang digunakan untuk mencuci dan mengemulsi, terbuat dari dua komponen utama yaitu asam lemak dan sodium melalui proses saponifikasi atau netralisasi lemak atau minyak serta tidak menyebabkan iritasi pada kulit (Zulkifli, 2014). Sabun sudah menjadi kebutuhan kita untuk membersihkan tubuh dari debu, kotoran, keringat, virus, bakteri dan lain-lain. Meningkatnya penggunaan sabun juga mengharuskan kita untuk menyediakan sabun lebih dari yang biasanya. Sabun mengandung formulasi basa berupa senyawa alkali yang dicampur dengan lemak nabati atau hewani serta pewangi yang berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran pada permukaan kulit. Kandungan lemak nabati atau hewani ini juga dapat ditemukan pada minyak goreng.

Minyak goreng adalah bahan yang berasal dari hewan atau tumbuhan setelah melalui proses pemurnian dan berwujud cair pada suhu kamar yang digunakan untuk menggoreng makanan Penggunaan minyak goreng secara berulang pada bahan pangan dengan berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti meningkatkan risiko kanker, penyakit degeneratif, obesitas dan masalah kesehatan lainnya, akan tetapi minyak goreng bekas masih bisa dimanfaatkan dengan melakukan pemurnian pada minyak goreng bekas. Pemurnian minyak goreng bekas dapat dilakukan melalui tiga tahap proses yaitu penghilangan bumbu (despicing), netralisasi dan pemucatan (bleaching). Minyak goreng bekas bisa juga dimanfaatkan sebagai produk non pangan seperti sabun (Naomi, 2013). Penggunaan sabun dari minyak jelantah tidak menyebabkan iritasi sehingga aman bagi kulit (Priani, 2010). Sabun dari minyak juga dapat menghambat bakteri karena komponennya mengandung asam laurat yang bersifat anti bakteri (Febriyenti, 2014).

Bahan yang digunakan untuk membuat sabun dari minyak bekas yaitu, minyak jelantah, NaOH (Natrium Hidroksida) atau soda api, jahe, jeruk nipis, daun binahong, air, cetakan, wadah dan pengaduk. Sabun dibuat dengan menggoreng jahe secukupnya dengan minyak jelantah untuk mengurangi bau tidak sedap. Kemudian minyak jelantah disaring dan dinginkan. Selanjutnya minyak jelantah dtiimbang sebanyak 200 gram dan volume larutan NaOH (soda api) dihitung sebanyak 100 ml. Larutan NaOH tersebut dimasukkan kedalam minyak jelantah sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Campuran diaduk terus hingga mengental. Tambahkan jeruk nipis secukupnya untuk menambah aroma dan ekstrak daun binahong sebagai bahan anti bakteri. Kemudian campuran dituangkan ke dalam cetakan dan dibiarkan 3 -5 hari selanjutnya sabun siap dipakai.

Semoga dengan dapatnya kita memproduksi bahan kesehatan dari bahan yang mudah diperoleh dapat membantu kita dalam menjaga dan meningkatkan pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID 19. Mari kita bantu selamatkan bumi mulai dari mencuci tangan.

 

Daftar Pustaka

Febriyenti, F., Sari, L. I., & Nofita, R. 2014. Formulasi Sabun Transparan Minyak Ylang-Ylang dan Uji Efektivitas terhadap Bakteri Penyebab Jerawat. Jurnal Sains Farmasi & Klinis1(1), 61-71.

Naomi, P., Gaol, A. M. L., & Toha, M. Y. 2013. Pembuatan sabun lunak dari minyak goreng bekas ditinjau dari kinetika reaksi kimia. Jurnal Teknik Kimia19(2).

Priani, S. E., & Lukmayani, Y. 2010. Pembuatan Sabun Transparan Berbahan Dasar Minyak Jelantah Serta Hasil Uji Iritasinya pada Kelinci. Prosiding SNaPP: Sains, Teknologi1(1), 31-48

Zulkifli, M., & Estiasih, T. 2014. Sabun Dari Distilat Asam Lemak Minyak Sawit: Kajian Pustaka Jurnal Pangan dan Agroindustri2(4), 170-177.

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bahaya-minyak-jelantah/

https://www.kompasiana.com/abdulkholiqisa/5bd1596b677ffb1eb94a9358/cara-membuat-sabun-dari-minyak-jelantah

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close