Artikel

Percobaan Fisika pada Virtual Lab Rumah Belajar Kemendikbud

Sumber: https://belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya/Konten

Anjuran Presiden Jokowi Dodo dalam menghadapi pandemi Covid-19 yaitu dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Berbagai situs online dapat digunakan dalam proses belajar dan mengajar daring salah satunya dengan menggunakan Rumah Belajar. Rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang dibuat dan dikembangkan oleh Pustekkom Kemendikbud yang dapat diakses secara gratis dengan alamat URL http://belajar.Kemendikbud.go.id (Sri Nurhayati, A., 2018)

Fitur utama dari Rumah Belajar ini yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik (BSE), bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan kelas maya (Sri Nurhayati, A., 2018). Untuk pelajaran fisika, guru maupun peserta didik dapat menggunakan laboratorium maya , dimana menurut Oidov, L., Tortogtokh, U. and Purevdagva, E., (2012) dengan menggunakan laboratorium maya atau virtual laboratory membantu peserta didik (1) melakukan pengukuran dan mengevaluasi prosesnya sendiri saat sedang melakukan percobaan, (2) memproses dan menafsirkan data (informasi / fakta) untuk membuatnya bermakna bagi diri mereka sendiri (3) menuliskan formula dan merumuskan hukum dasar fisika sendiri.

Rumah Belajar memiliki banyak macam laboratorium maya atau virtual lab untuk mata pelajaran fisika berdasarkan belajar.kemdikbud.go.id. (2011) yaitu :

  1. Hukum Hook (SMA)

Pada lab maya rumah belajar dapat diuji coba berbagai tipe pegas dan dapat dirangkai secara seri maupun paralel dan mengamati perubahan pegas Ketika diberikan gaya. Dalam hal ini percobaan yang dapat dirancang dapat berupa menyelidiki hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang dan menentukan konstanta (k) pegas.

  1. Hukum Boyle (SMA)

Pada lab maya rumah belajar dapat diamati perubahan tekanan gas akibat berubahnya volume tabung jika suhunya konstan, peserta didik dapat mengubah diameter dan beban yang diberikan pada tutup tabung. Dalam hal ini percobaan yang dapat dirancang yaitu menyelidiki hubungan antara tekanan (p) gas dan volume (V) gas.

  1. Rangkaian seri dan parallel (SMP)

Dalam lab maya ini peserta didik dapat merangkai komponen (baterai , lampu, hambatan, amperemeter, dan voltmeter), kemudian peserta didik juga dapat mengubah nilai hambatan dan tengangan sumber yang digunakan. Percobaan yang dapat dirancang dapat berupa memahami cara merangkai seri dan parallel.

  1. Hukum Newton (SMA)

Lab maya ini dapat mensimulasikan gerak benda berdasarkan hukum Newton, peserta didik dapat memberikan gaya dorong ke sebuah benda dan mengamati apa yang terjadi pada benda tersebut, dalam lab maya ini peserta didik dapat mengubah jenis benda, massa benda, koefiseien gesek, gravitasi, dan jenis permukaan benda, sehingga dapat diamati bagaimana pengaruhnya terhadap gerak benda.

  1. Induksi Elektromagnet (SMP)

Lab maya ini datap mensimulasikan bagaimana pengaruh medan listrik terhadap arus listrik yang timbul pada lilitan kawat. Peserta didik dapat mengubah kutub, jumlah kumparan, jarak magnet terhadap kumparan, dan kekuatan magnet, sehingga dapat diamati pengaruhnya terhadap arus listrik yang ditimbulkan. Percobaan yang dirancang dapat berupa menyelidiki hubungan kuat medan magnet terhadap arus listrik, menyelidiki hubungan antara jarak medan magnet kemudian arus listrik dan menyelidiki hubungan jumlah kumparan terhadap arus listrik.

  1. Tekanan Hidrostatis Pipa U (SMA)

Lab maya tekanan Hidrostasis pipa U dapat menggunakan dua jenis fluida jenis fluida yang digunakan dapat diubah-ubah juga banyaknya fluida dan kedalaman fluida dapat diatur dalam lab maya ini dan tekanan hidrostatis fluida tersebut dapat diukur sehingga dapat dirancang percobaan menyelidiki pengaruh kedalaman fluida terhadap tekanan hidrostatik, menyelidiki pengaruh massa jenis terhadap tekanan hidrostatik, dan memahami prinsip percobaan tekanan hidrostatik.

  1. Hukum Archimedes (SMP)

Lab maya hukum Archimedes dapat mensimulasikan peristiwa mengapung, tenggelam , dan melayang akibat adanya gaya archimedes atau gaya keatas. Peserta didik dalam Lab Maya ini dapat mengubah-ubah jenis material, massa benda, volume benda, jenis zat cair, massa jenis zat cair, dan perubahan volume zat cair, sehingga dapat diamati pengaruhnya terhadap gaya Archimedes. Percobaan yang dirancang diantaranya berupa menyelidiki hubungan antara gaya Archimedes oleh zat cair dengan volume benda, menyelidiki hubungan antara gaya Archimedes oleh zat cair dengan massa jenis zat cair, dan merumuskan persamaan hukum Archimedes.

  1. Gerak Parabola (SMA)

Lab maya gerak parabola dapat mensimulasikan peristiwa gerak parabola yaitu gerak dengan lintasan berbentuk parabola. Dalam Lab maya ini peserta didik dapat mengubah sudut peluru, kecepatan awal peluru, dan gravitasi, sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap waktu ke titik tertinggi, titik tertinggi, total waktu tempuh dan total jangkauan peluru.

  1. Kesetimbangan (SMA)

Lab maya ketetimbangan dapat divariasikan beban dan jaraknya terhadap titik tumpuh sehingga dapat diamati pengaruhnya terhadap momen gaya pada salah satu lengan dan resultan momen gaya. Percobaan yang dirancang dapat berupa menerapkan hukum kesetimbangan gaya-gaya pada tuas dua lengan.

  1. Optik (SMP)

Lab maya optik dapat divariasikan jarak fokus lensa, jarak objek, tinggi objek, dan jenis lensa yaitu lensa cembung dan lensa cekung, sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap jarak bayangan, perbesaran, dan tinggi bayangan.

  1. Hukum Ohm (SMP)

Lab maya hukum Ohm dapat divariasikan tegangan dan hambatan sehingga dapat diamati pengaruhnya terhadap kuat arus listrik. Percobaan yang dirancang dapat berupa menyelidiki hubungan antara tegangan terhadap kuat arus listrik dan menyelidiki hubungan antara hambatan terhadap kuat arus listrik.

DAFTAR PUSTAKA

Belajar.kemdikbud.go.id. 2011. Index – Laboratorium Maya. [online] Available at: <https://belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya/Konten/Index> [Accessed 28 March 2020].

Oidov, L., Tortogtokh, U. and Purevdagva, E., 2012. Virtual Laboratory for Physics Teaching. In: International Conference on Management and Education Innovation. Singapore: IACSIT Press, pp.319-323.

Sri Nurhayati, A., 2018. Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Jakarta: Pusat Teknologi informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close