Artikel

Peranan Teknologi dalam Pembelajaran

Di era milenium saat ini, semua orang pasti menggunakan teknologi untuk memudahkan hidup seseorang tak dapat disangkal lagi bahwa teknologi telah menjadi instrumen utama dari masyarakat dalam mencapai kesejahteraan melalui penciptaan nilai tambah (Riyana, 2008). Kajian mendalam telah menemukan (discover) bahwa teknologi sebenarnya merupakan hasil akhir dari suatu proses yang terdiri dari rangkaian suatu proses penelitian dan pengembangan, invensi, rekayasa sehingga menghasilkan suat produk. Perkembangan teknologi informasi saat ini tercipta berbagai jenis teknologi, seperti e-government, e-commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika ( Wardiana, 2002).

Salah satu jenis teknologi yang berkembang pada saat ini pada e-education atau perkembangan teknologi pada media pembelajaran. Media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Media pembelajaran berbasis TI dapat berupa internet, intranet, mobile phone, dan CD Room/Flash Disk ( Muhson, 2010).

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berpengaruh terhadap penggunaan
alat bantu mengajar di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Pembelajaran di sekolah mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga terjadi banyak perubahan peningkatan kualitas di dunia pendidikan (Hujair, 2009). Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, perlu dikembangkan berbagai model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sudah banyak tercipta. Hal ini perlu dilakukan agar proses pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan.

Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesulitan yang bervariasi. Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran, tetapi di sisi lain ada bahan pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran. Materi pembelajaran yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi tentu sulit dipahami oleh siswa, apalagi oleh siswa yang kurang menyukai materi pembelajaran. Guru menyadari bahwa tanpa media, materi pembelajaran akan sulit untuk dapat dicerna dan dipahami oleh siswa, apalagi bila materi pembelajaran yang harus disampaikan tergolong rumit dan kompleks. Untuk itu penggunaan media mutlak harus dilakukan agar materi dapat sampai ke peserta didik secara efektif dan efisien.

Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar
interaksi antara guru dan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tetapi secara khusus ada beberapa manfaat media yang lebih rinci. Kemp dan Dayton (dalam Depdiknas, 2003) mengidentifikasikan beberapa manfaat media dalam pembelajaran yaitu :

  1. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan.
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
  3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
  4. Efisiensi dalam waktu dan tenaga
  5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
  6. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
  7. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
  8. Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.

Selain beberapa manfaat media seperti yang dikemukakan di atas, masih terdapat
beberapa manfaat praktis. Manfaat praktis media pembelajaran tersebut adalah :

  1. Media dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
  2. Media juga dapat mengatasi kendala keterbatasan ruang dan waktu
  3. Media dapat membantu mengatasi keterbatasan indera manusia.
  4. Media dapat menyajikan objek pelajaran berupa benda atau peristiwa langka dan berbahaya ke dalam kelas.
  5. Informasi pelajaran yang disajikan dengan media yang tepat akan memberikan kesanmendalam dan lebih lama tersimpan pada diri siswa.

Daftar Pustaka

Depdiknas (2003) Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Hujair AH. Sanaky. 2009 Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia8(2).

Riyana, C. 2008. Peranan teknologi dalam pembelajaran. Universitas Indonesia, Wardiana, W. 2002. Perkembangan teknologi informasi di Indonesia.Jakarta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close