Artikel

Media Visual Mempermudah Proses Belajar

Media visual merupakan media yang menyampaikan sesuatu melalui gambar sehingga dapat dilihat dan mudah dipahami dengan jelas.  Menurut Putra dan Tuasikal (2017) Media visual merupakan alat bantu yang digunakan untuk mendukung dan membantu menyampaikan sesuatu misalnya berupa  gambar, model, objek, dan video, video akan memberikan gerakan demi gerakan secara detail, membuat konsep yang abstrak menjadi konkrit, serta dapat dipercepat atau diperlambat sehingga mudah untuk dipahami dan gambar bisa didesain dengan bagus Sehingga akan diperoleh hasil yang lebih baik.

Pada zaman sekarang ini, jika di hubungkan dengan proses pembelajaran, media visual menjadi yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar. Hampir seluruh guru mulai meninggalkan metode pembelajaran konvensional dan beralih menggunakan media visual. Karena bukan tanpa sebab, dari segi penelitian juga membuktikan hal demikian jika pemanfaatan media visual sangat berpengaruh positif terhadap proses pembelajaran. Contohnya saja penelitian yang dilakukan oleh Kusumajaya (2016) terkait media visual yaitu  Efektivitas Pemanfaatan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Korespondensi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran  di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Pada penelitian tersebut membandingkan perbedaan antara dua kelas yang  menggunakan media visual dengan yang tidak menggunakan media visual. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa  kelas yang menggunakan media visual, perhatian dan minat siswa terhadap materi lebih terlihat dan antusias dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media visual. Sebagian siswa pada kelas yang tidak menggunakan media visual kurang menunjukkan minat dan perhatian terhadap materi yang disampaikan dan juga sebagian siswa ada yang masih belum siap menerima materi, contohnya masih ada siswa yang mengobrol dengan teman sebangkunya.

Kehadiran media visual yang semakin berkembang tentu menjadi hadiah bagi para pelajar, sebab dengan pemanfaatan media visual,gaya dan proses belajar bisa lebih mudah dan tidak membosankan. Hal ini dipengaruhi karena karakteristik dari media visual itu sendiri yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pelajar. Misalnya bagi siswa yang kesusahan untuk belajar sendiri di rumah, bisa memanfaatkan media visual untuk belajar, seperti nonton tutorial di youtube atau menggunakan jasa aplikasi belajar Ruang Guru dan lain-lain.

Alasan lain kenapa media visual pada akhirnya memiliki daya tarik di kalangan pelajar sebab ia dapat menvisualisasikan objek dengan lebih realistis dan akurat sehingga seseorang dapat menangkap ide tau informasi yang terkandung di dalamnya dengan jelas. Selain itu manfaat yang kita dapat dalam penggunaan media ini adalah pemakaiannya yang efektif dan efisien, serta praktis.

 

Daftar pustaka

Putra, M.  Safi’i & Tuasikal, A. R. Syam. 2017 Pemanfaatan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Drible Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan: 05(02): 266-271.

Kusumajaya, F.  Afirsta, Kusumajanto & Sarbini. 2016. Efektivitas Pemanfaatan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Korespondensi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran  di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Universitas Negeri Malang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close