Artikel

BAHAYA INTRUSI AIR LAUT

Intrusi adalah perubahan  yang  terjadi  pada air tanah yang disebabkan  oleh air laut dimana air tanah akan menjadi payau. Proses terjadinya intrusi dikarenakan air laut ini masuk kedalam air tanah melalui pori-pori batuan sehingga menyebabakan air tanah menjadi payau. intrusi terjadi di daerah pesisir sehingga air yang dikonsumsi oleh masyarakat di daerah pesisir memiliki kemungkinan besar terkena intrusi air laut. Namun, tidak serta-merta air yang ada di daerah pesisir terkena instrusi. Intrusi terjadi karena beberapa penyebab, diantaranya adalah eksploitasi. Intrusi air laut telah terjadi di beberapa tempat, terutama daerah pantai. Intrusi berdampak negatif terhadap kuantitas maupun kualitas air bawah tanah, antara lain penurunan muka air bawah tanah.

Berbagai dampak yang ditimbulkan oleh intrusi air laut terutama dampak negatif yang sangat merugikan. Dampak yang ditimbulkan diantaranya adalah penurunan kualitas air tanah untuk kebutuhan manusia, amblesnya tanah karena pengekploitasian air tanah secara berlebihan. Menurut Ode (2011) ada beberapa permasalahan yang timbul dengan adanya intrusi air laut ini diantaranya adalah air tanah yang tekena intrusi air laut apabila dikonsumsi maupun digunakan seperti mandi, dapat menganggu kesehatan, karena air ini telah mengandung NaCl (Natrium Clorida) yang tinggi dan dapat memnganggu metabolisme yang terjadi di dalam tubuh manusia.

Menurut Herdiansyah dan Rahmawati (2017) terdapat beberapa dapak terhadap penggunaan lahan diatasnya antara lain (1) Perumahan terdampak tidak akan memberikan fungsi yang optimal bagi penghuninya, (2) Tingkat kenyamanan pada hunian akan turun, dan (3) Kerugian bagi investor yang berinvestasi pada kawasan terdampak. Dalam penelitiannya pula menjelaskan bahwa salah satu kota di Indonesia yang mengalami intrusi air laut adalah Kota Jakarta. Salah satu dampak dari terjadinya intrusi air laut adalah kerugian yang dirasakan oleh petani di sekitar pesisir pantai Jakarta karena kebutuhan air tanah untuk irigasi berkurang. Selain tidak bisa digunakan untuk minum, air tanah di Jakarta juga tidak bisa digunakan untuk kegiatan MCK karena menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Gemilang dan Kusumah (2016) melakukan penelitian menggunakan analisis fasies hidrokimia dan diketahui bahwa airtanah dangkal di daerah Pademawu dan Sekitarnya telah pengalami proses penyusupan air laut atau intrusi air laut secara merata pada bagian selatan dan bagian tepi pantai. Wilayah bagian Tenggara dan Barat memperlihatkan adanya tandatanda penyusupan air laut, namun belum sampai membuat air tanah menjadi asin. Sedangkan untuk akuifer dalam tidak terdeteksi adanya gejala penyusupan air laut terutama pada bagian Utara daerah penelitian.

Penelitian lainnya yang dilakukan di daerah surabaya juga menjelaskan bahwa terdapat zona intrusi air laut. Penelitian ini dilakukan oleh Wardhana, dkk (2017) dari pengukuran metode Resisitivitas 2D ini menghasilkan data penampang yang cukup baik dalam penelitian ini. Zona intrusi air laut dapat terlihat pada lokasi Sutorejo dengan nilai resistivitas 6.31 ohm.m. Hasil ini juga didukung dari data IP dan data sumur sekitar lokasi pengukuran. Beberapa penelitian telah menjelaskan bahwa banyaknya pantai-pantai di indonesia yang terkena intrusi air laut dan banyaknya dapak negatif yang ditimbulkan oleh intrusi air laut tentunya dibutuhkan upaya nyata dan baik dari pemerintah dan masyarakat untuk meminimalkan dampak negatif dari intrusi tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

Herdyansah, Auke & Rahmawati, Dian. 2017. Dampak Intrusi Air Laut pada Kawasan Pesisir Surabaya Timur. Jurnal Teknik ITS: 6(02): 2337-3520

Ode, Inem. 2011. Intrusi Air Laut. Jurnal Bimafika:3(3): 266-271.

Wardhana, Rizky Rahmadi. Dampak Intrusi Air Laut pada Kawasan Pesisir Surabaya Timur. Jurnal Teknik ITS: 6(02): 2337-3539

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close