Artikel

Uji Linearitas

uji_linearitas

Uji Linearitas

Uji Linearitas bertujuan untuk mengetahui apakah dua variable mempunyai hubungan yang linear atau tidak secara signifikan.Pengujian ini melihat bagaimana variable (X) mempengaruhi variable (Y), baik itu pengaruh berbanding lurus maupun berbanding terbalik.Uji ini biasanya digunakan sebagai prasyarat dalam analisis korelasi atau regresi linear.

Verifikasi hubungan linear

Pengujian ini juga berupa strategi untuk memverifikasi hubungan linier dan bisa dilakukan dalam beberapa cara seperti, Analisis Residual, linearity test and curve estimation, danbivariate plot, akan tetapi pada kasus tertentu hubungan linieritas tidak menjadi persyaratan uji statistik korelasi maupun regresi, misalnya dalam analisis statistik dari suatu subjek penelitian berupa komputasi koefisien korelasi dan persamaan regresi pada data sampel akan selalu valid untuk menjelaskan hubungan linier yang ada serta untuk memprediksikan pada data sampel yang bersangkutan.

Jenis uji linearitas

Secara umum uji linearitas terbagi menjadi dua jenis, berupa prosedur analisis melalui grafik dan melalui uji statistika. Dan dijabarkan sebagaiberikut :

  1. Scatterplot

Scatter berfungsi untuk menjelaskan bentuk hubungan dari suatu variabel dalam bentu ktitik‐titik dan menggambarkan sebaran data dari suatu hubungan variable

  1. Analisis Grafik Residual

Analisis Residual digunakan untuk melihat dan menghubungkan antara nilai prediksi terstandar dengan nilai residu terstan dar melalui grafik.

  1. Metode Estimasi Kurva

Hubungan antar dua variabel terdiri dari berbagai pola/model hubungan. Ada yang Linier (Orde 1), kuadrat (Orde 2) ataupun Kuartik (Orde ke n).untuk melihat hubungan antar variabel yang diuji mengikuti model yang dekat dengan hasil dari data yang dipakai/yang akan diujikan. Kecenderungan dari model data tersebutakan menunjukkan bentuk hubungan dari model yang dipakai.

  1. Perbandingan Eta dan R kuadrat

Eta merupakan koefisien asosiasi nonlinier.Hubungan linear, eta sama dengan koefisien korelasi (r Pearson). Jika hubungan non linier lebih besar – maka perbedaan antara eta dan r adalah tingkatan ukuran hubungan nonlinier. Dan dapat dilihat Dalam SPSS, ANALYZE – COMPARE MEANS – MEANS – OPTIONS klik ANOVA & ETA.

  1. Uji Linieritas dari Anova

Perhitungan nilai F untuk setiap pasangan variabel berupa komponen linier dan nonlinier. Jika signifikan sinilai F komponen nonlinier adalah di bawah titik kritis, dengan titik kritis 0,05 (misalnya p<0,05) sehingga hubungan yang teridentifikasi adalah nonlinier. Tidak hanya hubungan linier, ANOVA juga digunakan untuk menguji hubungan polinomial, kuadrat, dan lainnya.

Test for linearity

Pada SPSS pengujian ini bernama Test for linearity dengan taraf signifikansi 0,05. Terdapat dua cara pengambilan keputusan dalam uji linearitas berupa :

  1. Dua variable tersebut dikatakan linear apabila signifikansi lebih dari 0,05 sehingga pengambilan keputusan berupa terdapat hubungan yang linear secara Sedangkan jika signifikansi dibawah 0,05 maka pengambilan keputusan berupa tidak terdapat hubungan yang linear dari kedua variable tersebut.
  2. Melihat nilai F hitung dan F tabel, jika F hitung lebih besar daripada F tabel maka kesimpulannya berupa tidak terdapat hubungan yang linear antara kedua variable tersebut sedangkan jika F hitung lebih kecil daripada F tabel maka kesimpulannya berupa terdapat hubungan yang linear antara kedua variable tersebut.

Uji linearitas dalam percobaan/praktikum

Uji Linearitas juga dapat digunakan untuk analisis dalam suatu percobaan/praktikum di dalam laboratorium, biasanya uj iini digunakan untuk melihat variable-variable yang berpengaruh dengan jumlah data yang banyak sehingga dapat ditentukan apakah variable tersebut ada pengaruh ataupun tidak.

DaftarPustaka

  • Azwar, S. (2000). Asumsi‐asumsi dalam inferensi Yogyakarta: Faculty of Psychology.
  • Hadi, Sutrisno. 1989. Statistik. Jilid 1. Yogyakarta: Andi
  • Priyatno 2009. Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution)untukanalisis data danujistatistik. Media Kom. Yogyakarta
  • Salkind, N. J., & Rasmussen, K. (2007). Encyclopedia of measurement and statistics. Thousand Oaks, Calif.: SAGE Publications.
  • SPSS Inc. (2007). SPSS Base 16.0 User’s Guide. Chicago: SPSS Inc.
  • 2015. Statistika untuk Penelitian.PenerbitAlfabeta. Bandung

Related Articles

1 thought on “Uji Linearitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close