Artikel

Teknik analisis data dalam kelompok parametrik

Teknik Analisis Data dalam Kelompok Parametrik

Analisis data digunakan untuk mengambil keputusan, perencanaan, pengawasan, penyusunan laporan dan sebagainya. Dalam menentukan teknik analisis data yang cocok dalam mengambil keputusan, terdapat asumsi yang digunakan untuk mendistribusikan data. Asumsi tersebut menjadi acuan untuk mengklasifikasikan metode parametrik dan non parametrik. Pada artikel kali ini akan difokuskan pada kelompok parametrik.

Statistik parametrik merupakan pengambilan keputusan atas masalah tertentu yang membahas parameter-parameter populasi seperti rata – rata, proporsi dan sebagainya. Dalam menganalisis data kelompok parametrik memiliki ciri tertentu yaitu distribusi data populasi normal atau mendekati normal dengan data dalam jumlah besar (biasanya diatas 30) dan jenis data berupa interval atau rasio. Jika salah satu asumsi tersebut tidak terpenuhi, maka metode analisis yang digunakan adalah statistik nonparametrik (Santoso, 2010).

Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam kelompok parametrik adalah Uji T, Anova, Korelasi dan Regresi.

  1. Uji T

Dalam pengujian normalitas data, dapat dilakukan dengan Uji T sebagai berikut:

  1. Untuk menguji hipotesis deskriptif satu sampel bila datanya berbentuk interval dan ratio, maka digunakan Ujit T satu sampel
  2. Untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel berpasangan bila datanya berbentuk interval dan ratio, digunakan uji T sample berpasangan.

dimana : t = nilai t yang dihitung ,

x = rata-rata ,

μ0 =nilai yang dihipotesiskan

s = simpangan baku sampel ,

n = jumlah anggota sampel.

2. Korelasi

Korelasi merupakan salah satu teknik analisis data yang menunjukkan adanya hubungan antara dua variabel atau lebih hubungan antara dua variabel tersebut serta menunjukkan besarnya. Koefisien analisis data ini terbagi atas Koefisien korelasi (r) dan Koefisien determinasi (Kd).

a. Koefisien Korelasi ( r ) merupakan kriteria untuk mengukur hubungan antar variabel secara kuantitatif yang nilainya terletak antara – 1 dan 1

r = 1 , hubungan variabel X dan Y adalah sangat kuat dan positif

r = – 1 , hubungan variabel X dan Y adalah sangat lemah dan negatif

r = 0 , hubungan variabel X dan Y lemah sekali atau tidak ada hubungan.

Berikut ini adalah rumus Karl Pearson (Product Moment) :

b. Koefisien Determinasi (Kd) : menunjukkan berapa persen fluktuasi atau variasi variabel Y yang disebabkan oleh variabel X , dengan rumus :

3. Regresi

Analisis regresi merupakan suatu analisis yang menjelaskan tentang akibat dan besarnya akibatnya yang ditimbulkan oleh satu atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Terdapat dua model regresi yaitu regresi linier sederhana dan model regresi linier berganda.Regresi Linier sederhana menggunakan satu variabel independent X untuk mengestimasikan nilai variabel dependen Y. sedangkan Regresi linier berganda menggunakan suatu variabel (Wahana, 2009). Dari hal tersebut, analisis regresi adalah suatu proses yang dilakukan estimasi untuk memperoleh suatu hubungan fungsional anatara variabel X dengan variabel Y. Adapaun persamaan regresi Linear Sederhana yaitu :

di mana : Y’ = Nilai Y prediksi

a = Intercept atau nilai Y pada saat X = 0

b = Slope / kemiringan

X = Independent Variable (variabel bebas).

Untuk menghitung nilai a dan b digunakan rumus :

  1. Anova

One Way Anova merupakan analisis data yang digunakan untuk menghasilkan analsisi variansi satu arah untuk variabel dependent dengan tipe data kuantitatif dengan sebuah variabel independent sebagai variabel faktor. Analisis variansi ini diganakan untuk uji hipotesis bebrapa rata-rata yang sama. Analisis ini merupakan salah satu analisis komparasi dengan jumlah kelompok lebih dari 2 kolompok yang independen dengan data interval.

 

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Komputer, Wahana. 2009. Solusi Mudah dan Cepat Menguasai SPSS 17.0 untuk Pengolahan Data Statistik. Jakarta: PT Elex Meida Komputindo.

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close