Call us on 0823-9388-3833

Home » Artikel » Saatnya Bersolek dengan Infrastruktur Tangguh, Industri Inklusif, dan Inovatif di Daerah Terdepan Indonesia

Saatnya Bersolek dengan Infrastruktur Tangguh, Industri Inklusif, dan Inovatif di Daerah Terdepan Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau. Beberapa diantaranya berbatasan langsung dengan negara lain. Infrastruktur yang ideal dan mempuni sudah sepatutnya direalisasikan disetiap ujung batas Tanah Air. Hal ini menjadi penting, sebab pergerakan dan pertumbuhan ekonomi daerah perbatasan ditunjang dengan infrastruktur di daerah tersebut.

Salah satu daerah yang berbatasan dengan negara tetangga yakni kabupaten nunukan.  Kabupaten Nunukan terletak antara 115O33’ sampai dengan 118o3’ Bujur Timur dan 3o15’00’’ sampai dengan 4o24’55’’ Lintang Utara yang merupakan wilayah paling utara  provinsi Kalimantan Utara , posisinya yang berada di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia menjadikan Kabupaten Nunukan sebagai daerah strategis dalam peta lalu lintas antar negara.

Sebagai daerah yang stategis, merealisasikan Infrastruktur yang mempuni dibumi Penekindi debaya (julukan kabupaten nunukan) giat dilakukan. Pemerintah melalui dana APBN membiayai pembangunan infrastuktur kabupaten nunukan seperti; perpanjangan runway Bandara Nunukan, pembangunan Pelabuhan Internasional Tunon Taka, jalan lingkar, perumahan nelayan di Kelurahan Mansapa dan Pos Lintas Batas Laut (PLBL) Liem Hie Djung. Dalam pelaksanaannya tetap dalam pengawasan Pemkab Nunukan dan Komisi V DPR RI.

Infrastruktur transportasi menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan, pasalnya warga di kabupaten nunukan dalam hal sembako masih bergantung pada negara Jiran Malaysia. Margin harga sembako pulau jawa dan nunukan yang besar menjadi alasan kuat. Sehingga solusi yang diberikan Pemerintah yakni dengan pembangunan Tol laut.

Tol laut ini direncanakan khusus untuk mengangkut bahan kebutuhan pokok. Kapal-kapal akan berlabuh di Pelabuhan Tunon Taka dan Pelabuhan Sei Nyamuk Pulau Sebatik. Dengan beroperasinya tol ini diharapkan dapat memutus ketergantungan sembako pada negara Jiran.

Terlepas dari permasalahan Infrastruktur, Kabupaten Nunukan memiliki potensi laut yang besar. sehingga mewujudkan Kabupaten Nunukan sebagai sentra produksi perikanan  menjadi cita-cita yang harus direalisasikan. Langkah yang dapat dilakukan yakni dengan membangun kawasan konservasi wilayah pesisir.

komoditi kelautan lain seperti budidaya rumput laut dan pariwisata lokal juga membutuhkan perhatian yang besar serta tindakan dari pemerintah Kabupaten Nunukan. Karena pengelolaan secara baik potensi yang dimiliki masih kurang. Beberapa faktor seperti; teknologi yang belum menunjang dan sumber daya manusia (SDM). Faktor lain yakni  masyarakat di kawasan pesisir belum memiliki kemampuan dan pemahaman yang memadai untuk mengolah potensi yang ada.

Wacana untuk menjadikan beberapa kawasan di Kabupaten Nunukan seperti Kelurahan Mansapa dan Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan sebagai kota perikanan  telah dimulai dengan membangun perumahan nelayan. Pemabangunan gudang dan pabrik akan segera direalisasikan untuk menunjang kawasan tersebut.

Pemerintah Kabupaten Nunukan menunjukkan  keseriusan dalam memaksimalkan potensi laut, hal ini dapat dilihat dari salah satu usaha inovatif yang dilakukan yakni Demontration Plot (Demplot) pengembangan rumput laut dengan metode jaring apung untuk petani rumput laut.

Hasilnya setelah 50 hari, secara kuantitas hasilnya cukup memuaskan namun masih dibutuhkan cara-cara lain untuk meningkatkan kualitas yang dihasilkan. Tidak hanya solusi mengenai hal tersebut namun solusi lain mengenai infrastruktur dan pengelolaan industri guna membangun suatu daerah juga harus dipikirkan bersama semua anak bangsa.

Keseriusan membangun dan mengembangkan daerah perbatasan untuk berbenah kearah yang lebih baik seperti kabupaten nunukan dan daerah perabatasan lainnya sudah sepatutnya di dukung dari segi pemerintahan daerah maupun pusat. Keterlibatan masyarakat dalam merealisasikan hal tersebut menjadi hal penting. Memberikan wawasan mengenai pembangunan infrastruktur dan sumber daya  pada masyarakat haruslah dilakukan. Sehingga  masyarakat dapat secara aktif dalam mengenali masalah infrastruktur, mengidentifikasi potensi dan sumber daya, serta menyusun perencanaan dan solusi teknis alternatif.

Wajah terdepan Indonesia terlihat dari daerah perbatasan di setiap ujung Tanah Air. Di perbatasan kita melihat keindahan pembangunan dan lampu yang berpijar indah di negeri orang. Sementara tempat kita berpijak terlihat hal yang sebaliknya. Gambaran kondisi negeri ini tergambarkan melalui daerah-daerah perbatasan.  Sudah saatnya Indonesia berbenah dan bersolek membangun secara merata, daerah-daerah perbatasan memerlukan perhatian lebih sebagai wajah Indonesia. Sehingga mampu menjadi bangsa yang percaya diri dan mampu berbicara banyak di mata dunia.

Referensi:

http://www.nunukankab.go.id/berita-potensi-perikanan-di-kawasan-pesisir-nunukan-sangat-besar.html

http://kaltim.tribunnews.com/2011/12/01/mansapa-dan-tanjung-harapan-jadi-kawasan-kota-perikanan

http://nasional.indopos.co.id/read/2017/01/08/81915/Tol-Laut-Bakal-Putus-Sembako-dari-Malaysia

http://bappeda.nunukankab.go.id/pages/tentang-nunukan

http://www.antaranews.com/berita/587650/komisi-v-dpr-pantau-pembangunan-infrastruktur-di-nunukan

Related Post

RANCANGAN PENELITIAN EKSPERIMEN SUNGGUHAN Rancangan penelitian eksperimen sungguhan  (True experiment design) merupakan rancangan penelitian eksperimental yang meneliti tentang kemungkinan seb...
Kriteria Penyusunan Hipostesis Penelitian Kriteria Penyusunan Hipotesis PenelitianDalam sebuah penelitian hal yang perlu dilakukan setelah kerangka berpikir adalah penyusunan hipotesis pen...
Penelitian Pre Eksperimen Penelitian Pre-EksperimenPenelitian pre-eksperimen atau pre-experimental designs merupakan rancangan penelitian yang belum dikategorikan sebagai e...
Penelitian Expo-Facto PENELITIAN EXPOST FACTO A. Pengertian Expost Facto Secara harfiah, expost facto berarti “sesudah fakta” karena sebab yang akan diteliti telah mempen...