BeritaEvent Nalar

Metode Penelitian Kuantitatif Non Eksperimen

k idam

kk lism

STIE AMKOP (31 April 2017), Pelaksanaan PMP (Pelatihan Metodologi Penelitian) oleh LPM Penalaran UNM yang dilaksanakan di STIE AMKOP telah memasuki hari kedua. Sejak dibukanya PMP oleh Pembantu Rektor I Prof. rer. nat. Muharram, M.Si kemarin (30/4/17),

Peserta PMP telah menerima lima materi tantang Penelitian yang menjadi dasar peserta nantinya dalam membuat proposal dan melaksanakan penelitian, setelah mendapatkan materi mengenai Metode Penelitian Kuantitatif Eksperimen, materi ke lima yang diberikan kali ini berjudul Metode Penelitian Kuantitatif Non Eksperimen. Materi yang merupakan inti dari dasar pembuatan penelitian kuantitatif ini dibawakan oleh Idham Yunus, S.Pd., M.Sc dan Lismayana Mansur, S.Si., M.Si. Secara umum kedua pemateri memberikan cara penyusunan proposal penelitian yang menggunakan penelitian kuantitatif non eksperimen.

Pemateri menjelaskan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data kuantitatif. Dalam pemberian materi juga disampaikan tentang desain penelitian kuantitatif, cara menentukan populasi dan sampel, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yang telah diperoleh.

Idham Yunus, S.Pd., M.Sc dalam materi menyampaikan “Penelitian bisa saja hanya memiliki satu variabel jika hanya satu yang memiliki variasi”.Lismayana Mansur, S.Si., M.Si juga menyampaikan “Desain penelitian eksperimen ada berbagai macam sudut pandang, ada dari rumusan masalahnya, metode pengumpulan data, variabel penelitian dan menurut tujuannya” .

Materi ini ditutup pada pukul 15.20 WITA yang ditandai dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri oleh Muhammad Alimka selaku Ketua Umum LPM Penalaran UNM.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close