BeritaEvent Nalar

Metode Penelitian Kuantitatif Eksperimen

kak rais

K TISMI

Pelatihan Metodologi Penleitian (PMP) XX LPM Penalaran UNM dengan memberikan materi keempat pada pukul 07.30 WITA dengan teknis pelaksanaan pelatihannya masih sama seperti hari sebelumnya yaitu pemberian materi dengan membagi peserta atas 2 ruangan, yang setiap ruangan membahas materi yang sama.

Materi keempat ini dibawakan oleh 2 pemateri yang kompeten dan merupakan alumni LPM Penalaran UNM yaitu Dr. M. Rais Misi, S.Pd., M.Pd., M.T dan Tismi Dipalaya, S.Pd., M.Pd. Materi keempat ini membahas tentang Metode Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Secara umum kedua pemateri memberikan cara penyusunan proposal penelitian yang menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pemberian materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang karakteristik, desain, dan prosedur penelitian eksperimen. Pemateri menjelaskan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data kuantitatif. Dalam pemberian materi juga disampaikan tentang desain penelitian kuantitatif, cara menentukan populasi dan sampel, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yang telah diperoleh.

Dr. M. Rais Misi, S.Pd., M.Pd., M.T dalam materinya menyampaikan “Penelitian non eksperimen merupakan penelitian yang observasinya dilakukan terhadap sejumlah ciri subjek penelitian menurut keadaan apa adanya, tanpa ada manipulasi peneliti. Adapun macam-macam desain penelitian kuantitatif non eksperimen adalah deskriptif, survei, perbandingan kausal, komparatif, korelasional, dan tindakan”. Tismi Dipalaya, S.Pd., M.Pd juga menyampaikan “Terdapat beberapa desain penelitian eksperimen yaitu Pre-Experiment, True-Experiemnent, Quasi Experiment, dan Factorial”.
Materi ini ditutup pada pukul 09.30 WITA yang ditandai dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri oleh Muhammad Alimka selaku Ketua Umum LPM Penalaran UNM.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close