Artikel

Menulis Esai dengan Mind Map

Esai merupakan sebuah karangan prosa yang membahas sebuah topik tertentu melalui sudut pandang penulisnya. Perbedaan mendasar yang membedakan antara esai dengan tulisan lepas lainnya terletak pada jumlah kata, struktur penulisan, dan gaya bahasa yang digunakan. Jumlah kata yang digunakan dalam esai terdiri dari 500 sampai 1500 kata. Struktur penulisan esai dibagi menjadi pandahuluan, isi, dan ringkasan atau kesimpulan yang diwujudkan dalam bentuk paragraf. Adapun, gaya bahasa yang digunakan sangat bergantung pada pilihan kata, struktur kalimat, dan gaya penulisan yang digunakan oleh penulis esai.

Perbedaan tersebut sering kali membuat para penulis pemula kesulitan dalam menulis sebuah esai. Adapun kesulitan yang biasa ditemui penulis dalam penulisan esai yakni bagaimana cara untuk memulai menulis esai tersebut. Ada banyak teori yang mengemukakan mengenai langkah praktis dalam penulisan esai yang efektif. Langkah tersebut diantaranya adalah melakukan riset, melakukan analisis, melakukannya perenungan, merumuskan gagasan, membuat kerangka, menulis paragraf isi, menulis simpulan, memperhatikan format penulisan dan gaya bahasa. Sekalipun langkah praktis tersebut diketahui, rupanya penulis pemula terkadang masih mengalami kesulitan untuk tetap fokus argumennya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengunakan Mind map.

Mind map merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran. Mind map menggunakan warna, garis lengkung, simbol, kata, gambar, dan memiliki struktur alami yang memancar dari pusat. Dengan mind map, daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi diagram warna-warni, sangat teratur, dan mudah diingat karena bekerja selaras dengan cara kerja alami otak dalam melakukan berbagai hal.

Sumber:

Menurut Buzan (2011), Kelebihan mind map diantara adalah :

– Memberi pandangan menyeluruh pada pokok masalah.

– Memungkinkan kita untuk merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana

akan pergi dan dimana berada.

– Membantu mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat.

– Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita untuk melihat

  jalan-jalan terobosan kreatid baru.

– Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna, dan diingat.

Berdasarkan kelebihan tersebut, mind map adalah alat yang bagus digunakan untuk membantu anda dalam menulis esai yang berstruktur dan terfokus. Mind map sangat membantu untuk melihat secara menyeluruh gambaran argumen Anda dan menilai secara objektif apakah argumen dan struktur esai yang Anda tulis masuk akal. Selain itu, Mind map tidak hanya membantu Anda untuk merencanakan apa yang akan Anda tulis, tetapi juga dapat berguna untuk memeriksa apakah tulisan esai yang dibuat masih berada dijalur yang benar dan sesuai perencanaan.

Melalui menulis esai dengan mind map sangat mudah. Hal pertama yang dilakukan adalah mulailah dengan menggambar sebuah gambar utama yang mewakili isi esai yang akan Anda tulis. Pikirkan semua penelitian dan informasi yang telah dikumpulkan dari gambar utama tersebut, lalu biarkan otak merangkainya. Selanjutnya gambarlah cabang-cabang dari gambar utama tersebut yang meliputi cabang “informasi” dan “menulis” ataupun cabang lebih lainnya. Cabang “informasi” mewakili tema-tema ajuan yang dikumpulkan berdasarkan fakta, kutipan ataupun ringkasan. Sedangkan cabang “menulis” mewakili bagian pendahuluan,argumen utama, dan kesimpulan. Pandangi tema-tema yang telah Anda tulis pada cabang “informasi” danpikirkan bagaimana kaitannya dengan dengan cabang “menulis”. Buatlah anak-anak cabang dari cabang “argumen utama” untuk membantu membangun tubuh informasi utama naskah esai Anda.

Setelah Anda menetapkan pokok argumen, Anda bisa mundur dan mengerjakan bagian pendahuluan dan kesimpulan dengan menambahkan anak-anak cabang pada kedua cabang tersebut. Mind map Anda siap untuk digunakan. Catatan penting yang harus diperhatikan dalam membuat Mind map adalah sering-seringlah melangkah mundur untuk memeriksa kembali bahwa argumen atau tema esai Anda berjalan maju dan tetap fokus. Setelah puas dengan mind map yang dibuat, Anda bisa mulai menulis esai Anda dengan mind map di sisi Anda.Tujuannya adalah untuk membantu Anda tetap berada dijalur yang benar dan sesuai dengan perencanaan awalnya. Menulis esai bukanlah sesuatu yang menyulitkan. Menulis esai dengan mind map membuat kegiatan menulis esai Anda menjadi lebih mudah, menyenangkan, teratur, dan fokus sesuai dengan perencanaan.

Daftar pustaka :

Buzan, Toni. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sekretariat:

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close