BeritaEvent Nalar

Memilih Masalah dan Menyusun Penelitian

kak hendra

kak bakry

 

Kamis, 7 April pukul 16.00 WITA peserta Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) LPM Penalaran UNM kembali mendapatkan materi tentang Memilih Masalah dan Menyusun Penelitian

Sebagaimana pada materi pertama, peserta dibagi menjadi dua kelas dengan pemateri yaitu Kakanda Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T dan Kakanda Bakry, S.Pd., M.Sc., Ph.D yang memuat cara mengidentifikasi masalah, penentuan topik penelitian, penentuan fokus penelitian, dan penyusunan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian.

Materi ini diberikan kepada peserta untuk menjadi landasan utama dalam menentukan masalah yang akan dijabarkan dalam bentuk penelitian. Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T dalam materinya menyampaikan “Indikator dari masalah dalam suatu penelitian adalah masih ada dalam jangkauan peneliti, belum terpecahkan seluruhnya atau sebagian, harus orisinil dan aktual, dan harus bernilai dan meyangkut kepentingan umum”. Bakry, S.Pd., M.Sc., Ph.D juga menyampaikan “Terdapat beberapa metode penyampaian masalah diantaranya yaitu tradisional/mengikut kebiasaan, dogmatis, intuitif, emosional, spekulatif, dan metode ilmiah”

Materi ini ditutup pada pukul 18.00 WITA yang ditandai dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri oleh Muhammad Alimka selaku Ketua Umum LPM Penalaran UNM.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close