Call us on 0823-9388-3833

Home » Berita » LPM Penalaran UNM Seminarkan Tiga Penelitian Lembaga

LPM Penalaran UNM Seminarkan Tiga Penelitian Lembaga

3 penelitianLembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) adakan seminar hasil penelitian eksternal lembaga, hariAhad 27 Agutus 2017 di Aula FIP UNM. Seminar hasil ini merupakan tindak lanjut dari seminar proposal yang telah dilakukan sebelumnya. Ada tiga kelompok yang mengikuti seminar hasil pada hari ini.

Kelompok pertama yaitu Ayu Ashari, Zahraini Fajri Nur, Husnul Hatima Rusyid dengan judul Penelitian Analisis Dampak yang Ditimbulkan oleh Ketidaksesuaian Latar Belakang Pendidikan Guru SMA dan Sederajat dengan Mata Pelajaran yang diampu (mismatch) di Kota Makassar. Kelompok kedua yaitu Afiq Agung, Nurfaida, dan Muhammad Nasrullah dengan judul penelitian Pengembangan Idea-Phyrlab (Media Pembelajaran Fisika berbasis Virtual Laboratory pada Persamaan Gas Ideal. Kelompok terakhir yaitu Musdalifa K, Muh, Nurul Kamal Purnama, dan Herawati dengan judul penelitian Sintesis dan Karakterisasi Nano partikel Seng Oksida (ZnO) dan Aplikasinya sebagai Agen Antibakteri Staphylacoccusaureus pada Kain Katun jenis Cotton Combed.

Sebelum melakukan seminar hasil, tim peneliti telah melakukan Term of Reference (Tor), seminar proposal, dan penelitian lapangan. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus, pendamping, anggota, serta alumni LPM Penalaran. Penelitian dengan metode Research and Development berhasil menciptakan media Idea-Phyrlab berbasis virtual laboratory untuk pembelajaran fisika untuk materi Persamaan Gas Ideal. Virtual laboratory merupakan pengembangan teknologi computer sebagai suatu objek multimedia interaktif yang digunakan untuk mensimulasikan percobaan laboratorium ke dalam komputer.

Penelitian dengan metode kualitatif berhasil menemukan bahwa salah satu dampak positif dari guru mismatch adalah memiliki kompetensi (pedagogik, individual, dan sosial) yang baik dan salah satu dampak negative dari guru mismatch adalah kurangnya inovasi dan kreatifitas penggunaan media dan metode pembelajaran berkaitan dengan kinerja guru. Penelitian denganlaboratory eksperiment dengan pendekatan true experimental menemukan bahwa hasil uji aktivitas antibakteri ZnO pada kain cotton combed terhadap bakteri Staphylacoccus aureus menunjukkan adanya zona bening pada medium dengan variasi terbaik yakni pada ZnO konsentrasi 7,5% dengan jumlah pencelupan kain pada ZnO sebanyak 5 kali, sehingga kaincotton combed dapat menjadi kain anti bakteri.

Muhammad Nurul Kamal Purnama, Ketua Divisi Penelitan dan Pengembangan LPM Penalaran UNM mengungkapkan “Semoga hasil penelitian ini dapat dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional, meningkatkan eksistensi lembaga dan manfaatnyadapat teraplikasikan di masyarakat”.

Muhammad Alimka, KetuaUmum LPM Penalaran UNM “Melalui kegiatan ini banyak pelajaran yang bias kita dapatkan, semoga semangat meneliti bukan hanya milik kalian. Tetapi, milik semua mahasiswa khususnya.

Related Post

Mempererat Silaturahmi LPM Penalaran UNM adakan Bu... Bulan suci Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk kebersamaan dan berbagi dengan sesama, dalam rangka bulan suci Ramadhan 1439 H ini, Keluarga ...
Kajian Keorganisasiaan – Metode Persidangan Persidangan adalah sebuah media atau tempat untuk merumuskan suatu permasalahan yang muncul dalam organisasi. Persidangan juga dibuat dalam rangka...
LPM Penalaran UNM ikuti POTASSIUM Unair Surabaya Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) mengadakan Penalaran Competition and ILP2MI National Symposium (Potassium) dalam ...
LPM Penalaran UNM Kukuhkan 63 Anggota Baru 63 Anggota Baru LPM Penalaran UNMKegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian (PMP-OMK ) XXI telah sampai pada...