Berita

LPM Penalaran UNM Ikuti Pelatihan Penerapan Aplikasi Jurnal Elektronik Kemenristekdikti

image005Ketua Divisi Kepustakaan dan Penerbitan Akifah dan Ketua Dewan Redaksi Jurnal Nalar Pendidikan (JNP) Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar mengikuti Pelatihan Penerapan Aplikasi Jurnal Elektronik. Pelatihan ini digelar di Ruang Rapat Lt.2 Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin  yang dilaksanakan oleh Kemristekdikti. LPM Penalaran UNM merupakan satu-satunya Lembaga Penelitian tingkat mahasiswa yang diundang dalam pelatihan tersebut. Tujuan dari pelatihan ini agar pemdaftar jurnal-jurnal yang sudah mendaftar di ARJUNA dapat mengetahui dan memperbaiki terkait penilaian-penilaian akreditasi, sehingga dapat melakukan evaluasi diri lebih dini sebelum mengajukan akreditasi jurnal elektronik.

Pengelola Jurnal yang diundang dipilih berdasarkan pengelola jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di akun Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Salah satu pakar pada pelatihan ini yaitu Dr. Lukman, S.T., M.Hum dari PDII-LIPI yang dikenal sebagai salah satu asesor jurnal di Dikti menyampaikan materi tentang verifikasi Evaluasi Diri ARJUNA dan Kelengkapan.

Materi lain pada pelatihan ini yaitu Kebijakan dan Program Arjuna dan Sinta, Gaya Selingkung Portal e-Journal sesuai Instrumen Akreditasi ARJUNA, Setup Website e-Journal dan Kelengkapannya sesuai yang dibutuhkan Akreditasi ARJUNA.

Akifah mengungkapkan bahwa “Pelatihan ini sangat bermanfaat karena kami dapat mengetahui tentang kebijakan Science and Technology Index (Sinta) danArjuna, setup website e-Journal dan kelengkapannya sesuai dengan yang dibutuhkan akreditasi Arjuna, serta arahan-arahan lan terkait pengelolaan OJS”.

Muhammad Alimka KetuaUmum LPM Penalaran UNM juga mengungkapkan “Semoga dengan pelatihan tersebut, pengelolah jurnal nalar pendidikan dapat mengaplikasikan ilmunya dan nantinya jurnal kita akan terakreditasi”

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close