Event Nalar

LPM Penalaran UNM berhasil Seminar Proposalkan 5 Penelitian Lembaga

photo_2017-05-17_13-58-02Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar yang biasa disebut LPM Penalaran UNM adalah salah satu Unit Kegiatan Majasiswa (UKM) yang bergerak di bidang penelitian dan keorganisasian. Menjadi Lembaga yang bergerak dalam bidang Penelitian membuat LPM Penalaran UNM harus bisa menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang penelitian. Oleh karena itu, LPM Penalaran UNM setiap tahun selalu menghasilkan Penelitian Lembaga berkualitas yang telah melalui tahapan ilmiah sehingga sangatlah patut untuk dipublikasikan dalam kancah nasional maupun Internasional.

Program Penelitian Lembaga itu sendiri diwadahi oleh Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang), satu dari 5 divisi dalam Kepengurusan LPM Penalaran UNM. Divisi Litbang juga lah yang bertanggung jawab akan terlaksananya penelitian tersebut sampai selesai.

Penelitian lembaga yang dibuat pun tidak serta merta selesai dan siap untuk dipublikasikan. Penelitian yang akan dilaksanakan terlebih dahulu dibahas bersama untuk dievaluasi kelayakannya untuk diteliti di lapangan. Oleh karena itu, Pengurus Harian LPM Penalaran UNM Periode 2016, melaksanakan Pembahasan Proposal Penelitian Eksternal Lembaga LPM Penalaran UNM.

Pembahasan Proposal ini dilaksanakan di Gedung FF FMIPA UNM (26/2). Sebanyak 5 Prososal Penelitian yang pada awalnya telah melalui Proses Pembahasan ToR (Term of Refference) telah berhasil diSeminar Proposalkan. Penelitian tersebut terbagi dalam beberapa bidang yaitu Pendidikan, Sosial, Teknologi Pangan, dan Sains.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh Alumni, Pendamping, Pengurus, dan anggota LPM Penalaran UNM juga dihadiri oleh beberapa Penanggap yang telah berkompeten di Bidangnya masing-masing. Terdapat banyak evaluasi dan saran bagi Tim Peneliti terkait Penelitian yang akan dilaksanakannya.

“Penelitian Lembaga ini sangat menarik dan bisa dibilang lebih baik dari yang sebelumnya. Saya berharap penelitian ini nantinya bisa dijalankan dengan baik”. Itulah harapan dari salah satu alumni LPM Penalaran UNM, A. Indra Wulansari S.Si, M.Si. “Sehingga orientasinya pada Publikasi Jurnal Nasional bahkan sampai Internasional atas nama LPM Penalaran UNM” tambahnya juga.

Sesuai harapan alumni LPM Penalaran UNM tersebut, Pengurus Harian LPM Penalaran UNM Periode ini sangat mendukung Penelitian yang telah diSeminar Proposalkan tersebut untuk dijalankan atas nama Lembaga. Sehingga output yang dihasilkan nantinya dapat meningkatkan eksiatensi LPM Penalaran UNM baik di kancah Nasional maupun Internasional.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close