Artikel

KAJIAN PEMATERI (KARPET) OLEH LEMBAGA PENELITIAN MAHASISWA (LPM) PENALARAN UNM

Kajian Pemateri (KARPET), Kamis, 19 April 2012 yang diadakan oleh Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran UNM dan bertempat di Rumah Nalar. Kajian Pemateri dilaksanakan sore hingga malam hari. Yang menjadi peserta KARPET adalah seluruh anggota LPM Penalaran yang berkesempatan hadir, dan pematerinya tentu saja diamanahkan kepada para anggota baru angkatan XV sebagai tahap pembelajaran. KARPET mulai berlangsung pukul 16:00 WITA sampai selesai. Pada kesempatan kali ini ada dua orang angakatan XV sebagai anggota baru yang diberi kesempatan untuk mempresentasikan materi.

Pembawa materi pertama pada KARPET kali ini adalah Syahru Ramadhan yang mepresentasikan materi berjudul “Penelitian Eksperimen”. Materi yang disampaikan oleh Syahru sangat menarik, yaitu memberikan bekal pengetahuan mengenai penelitian eksperimen sebelum lebih lanjut menguasai dan mendalami apa dan bagaimana penelitian eksperimen itu sendiri. Proses penyampaian materi berjalan dengan baik dan lancar. Setelah proses pemaparan materi selesai ada sesi tanya jawab dan sesi pemberian kritik, saran dan tanggapan tentunya dari peserta KARPET baik angkatan XV ataupun dari para senior maupun alumni LPM PENALARAN. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta KARPET, namun ada banyak pula kritik, saran dan tanggapan. Tentunya semua itu diterima sebagai bahan pembelajaran. Saran yang diberikan oleh Kanda Akbar dan Kanda Salim mengenai cara membawakan persentasi dengan baik dan cara penggunaan media persentasi menjadi masukan bagi para peserta KARPET khususnya anggota baru angkatan XV.

Pemaparan materi kedua berlangsung setelah Sholat Magrib, tepatnya pukul 19:00 WITA tidak seperti pada pamaparan materi pertama yang terasa lebih singkat, pemaparan materi kedua berlangsung lebih lama dibandingkan pemaparan yang pertama. Pembawa materi kedua, yaitu Noviana Astuti Irna Sakir yang membawakan materi berjudul “Teknik Penelitian”, materi yang juga sangat menarik karena sangaterat kaitannya dengan penelitian yang sering digeluti dalam LPM Penalaran.

Penyampaian materinya juga berlangsung dengan baik, akan tetapi banyak pertanyaan yang muncul dari para peserta KARPET. Kali ini ada beberapa pertanyaan yang sulit untuk dijawab oleh pemateri, disebabkan karena kurangnya penguasaan terhadap materi yang disampaikan. Hal ini juga menjadi saran dari Kanda Wahyudin MY, Ketua Umum LPM Penalaran Periode 2010-2011 bahwa pemateri sudah sepatutnya menguasai materi sebelum memaparkan, agar tidak kewalahan dalam menajawab dan menanggapai pertanyaan. Yang menjadi bahan saran selanjutnya datang dari Kanda Najib Sekertaris Umum LPM Penalaran, mengenai tampilan PowerPoint yang digunakan, saran Kanda Najib adalah dalam media presentasi sebaiknya menggunakan Background PowerPoint yang seragam dari slide pertama hingga akhir, memperhatikan jenis dan ukuran huruf dan memperhatikan gradasi warna agar nyaman dilihat, disimak, dan dimengerti oleh peserta presentasi.

Saturday, 21 April 2012 17:07 Musdika

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close