Artikel

Fungsi dan Proses Penelitian

fungsi dan proses penelitian

Menurut Yusuf (2016) penelitian adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis, objektif dan logis dengan mengendalikan atau tanpa mengendalikan berbagai aspek/varibel yang terdapat dalam fenomena, kejadian, maupun fakta yang diteliti untuk dapat menjawab pertanyaan atau masalah yang diselidiki  berdasarkan pengertian penelitian tersebut dapat kita pahami bahwa salah satu tujuan dari penelitian adalah menjawab pertanyaan atau masalah yang diselidiki dengan proses penelitian secara sistematis, objektif dan logis. Namun apakah fungsi penelitian memilki makna yang sama dengan tujuan penelitian? Dan bagaimanakah proses penelitan yang sistematis, objektif, dan logis itu?

A. Fungsi Penelitian

Menurut KBBI kata fungsi memiliki arti kegunaan atau tugas. Jadi definisi dari fungsi penelitian adalah kegunaan atau tugas dari penelitian itu sendiri. Sehingga fungsi dan tujuan penelitian memiliki makna yang berbeda dimana tujuan penelitian merupakan hal yang akan dicapai dalam melakukan penelitian sedangkan fungsi penelitian adalah kegunaan atau tugas dari penelitian  misalnya tujuan penelitian yaitu menjawab permasalahan yang diteliti maka fungsi penelitian adalah mencari jawanban terkait permasalahan yang diteliti. Adapun fungsi penelitian secara umum menurut Yusuf (2016), yaitu:

  1. Penelitian dengan tugas Mendeksripsikan gejala dan peristiwa

Fungsi penelitian ini adalah mendeksripsikan gejala dan peristiwa  dengan memberikan data atau informasi  sesuai dengan kenyataan sebenarnya pada waktu itu. Banyak kejadian dan pristiwa yang terdapat dan terjadi di masyarakat yang perlu mendapat perhatian dan penanggulangan. Gejala dan peristiwa itu ada yang besar dan pula yang kecil misalnya kerusakan hutan dan hujan yang terus menerus yang mengakibatkan banjir di beberapa daerah atau suasana di tepi pantai yang terlihat banyaknya warga kota yang melepaskan lelahnya karena sehari sebelumnya telah bekerja keras. Dalam penelitian ini, peneliti tidak dapat memperkirakan atau meramalkan sesuatu kejadian di masa datang sehingga hasil penelitian tidak bersifat menguji atau meramalkan gejala yang mungkin terjadi. Penelitian dengan fungsi ini banyak dilakukan dalam bidang sosial. Salah satu jenis penelitian dengan fungsi ini adalah penelitian eksploratif.

  1. Penelitian dengan tugas Menerangkan data atau kondisi latar belakang terjadinya suatu peristiwa atau fenomena

Penelitian ini menerangkan peristiwa jauh lebih kompleks dan luas daripada fungsi sebelumnya dengan menerangkan mengapa peristiwa peristiwa itu terjadi, apa sebab terjadinya dan sebagainya .beberapa jenis penelitian dengan fungsi ini yaitu penelitian deskriptif eksplanatif, korelasional, sebab akibat, studi kasus, dan eksperimen.

  1. Penelitian dengan tugas meramalkan

Penelitian ini meramalkan, mengestimasi, dan memproyeksi suatu peristiwa yang mungkin terjadi berdasarkan data-data yang telah diketahui dan dikumpulkan. Misal bagaimanakan penduduk di tahun 2020? Untuk menjawab pertanyaan ini dapat dilakukan penelitian tentang kecenderungan pertumbuhan dan perkembangan penduduk dari tahun 1994 hingga 2004, dengan mengetahui angka kelahiran, angka kematian, migrasi, emigrasi, tingkat kesuburan ibu yang melahirkan, distribusi penduduk menurut umur. Kemudian dengan teknik estrapolasi dapat diperkirakan penduduk tahun 2020.

  1. Penelitian dengan tugas mengontrol peristiwa atau situasi

Penelitian ini mengendalikan gejala maupun peristiwa yang terjadi dimana peneliti dapat merangcang sedemikian rupa bentuk penelitian untuk mengendalikan pristiwa itu. Pengendalian dapat dilakukan pada variabel pengganggu, variabel bebas dan variabel terikat.

  1. Penelitian dengan tugas pengembangan dan menyusun teori

Penelitian ini mengkaji kembali terhadap teori yang sudah ada dan menyusun teori baru namun penyusunan teori baru memakan waktu yang cukup lama, karena akan menyangkut pembakuan dalam berbagai instrumen, prosedur, maupun populasi dan sampel.

Kelima fungsi penelitian tersebut menuntut kualitas dan jenis penelitian yang berbeda-beda. Namun dalam satu penelitian kita dapat menggabungkan beberapa fungsi penelitian sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya.

      B.  Proses Penelitian

Menurut KBBI Proses artinya rangkaian tindakan. Jadi proses penelitian adalah rangkaian tindakan apa saja yang dilakukan dalam melaksanakan penelitian. Dalam proses penelitian dilaksanakan secara sistematis, objektif dan logis. Sistematis artinya penelitian merupakan proses yang tersruktur dengan mengikuti aturan atau kaidah secara berurut, objektif artinya penelitian didasarkan pada fakta dan data, selanjutnya logis artinya penelitian mendasarkan pada pengkajian secara rasional, krisis dan analisis.

Karena Penelitian dilakukan secara sistematis, maka terdapat tahapan yang harus dilakukan secara urut dalam pelaksanaannya. Adapun tahapan proses penelitian menurut beberapa ahli:

Menurut Mikelsen dalam swarjana (2012) proses penelitian terdiri atas:

  1. Identifikasi pertanyaan penelitian
  2. Memilih pendekatan apa yang dipakai dalam melakukan penelitian
  3. Memilih desain penelitian dan metode pengumpulan data yang cocok
  4. Analisis data menggunakan deskriptif atau inferensial static
  5. Membuat laporan penelitian

Menurut Houser dalam swarjana (2012) proses penelitian terdiri atas:

  1. Mendefinisikan masalah yang layak untuk diteliti
  2. Membedah kepustakaan yang terkait dengan apa yang diteliti
  3. Memilih teori yang relevan dengan masalah yang diteliti sebagai dasar penelitian dilakukan
  4. Mendesain penelitian yang akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan rumusan masalah dan tujuan penelitian
  5. Memilih strategi sampling (apakah random atau non-random)
  6. Menentukan strategi pengukuran dan alat ukur yang digunakan
  7. Mengumpulkan data
  8. Analisis data
  9. Mengkomunikasikan hasil penelitian

Berdasarkan pemaparan beberapa ahli tersebut dapat secara umum proses penelitian terdiri atas:

  1. Perencanaan yang terdiri atas penentuan dan perumusan masalah, merumuskan tujuan dan manfaat penelitian, membedah kepustakaan, membuat kerangka teoritis/konseptual, merumuskan hipotesis, menentukan metode penelitian
  2. Pelaksanaan yang terdiri atas pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, menafsirkan hasil analisis dan membuat kesimpulan
  3. Penulisan laporan
  4. Mengkomunikasikan hasil penelitian

DAFTAR PUSTAKA

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Swarjana, I Ketut. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

 

Related Articles

3 thoughts on “Fungsi dan Proses Penelitian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close