Artikel

Energiku sayang, Energiku malang

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan kekayaan hayati, mineral, maupun energi terbesar di dunia. Indonesia menduduki peringkat 18 dunia dalam hal produksi minyak bumi dan peringkat 21 dunia dalam hal cadangan minyak dan gas bumi. Disamping itu, potensi energi  yang ada di Indonesia sejalan dengan pembangunan industri yang semakin banyak, sehingga energi terbarukan sangat diperlukan guna menggali potensi energi yang ada. Energi terbarukan adalah sumber energi yang dapat dipulihkan kembali secara alami. Menurut World Council of Renewable Energi (WCRE) energi terbarukan meliputi Matahari, Angin, Air, Gelombang Samudera, Panas Bumi, Biomassa dan sumber energi lain yang berasal dari matahari yang terus menerus terbarui.

Permasalahan Energi Di Indonesia

Melimpahnya potensi energi di Indonesia tidak lepas pula dari masalah yang dihadapi bangsa ini. Tingginya pertumbuhan komsumsi yang tidak sesuai dengan cadangan energi. Hal ini dapat dilihat misalnya dari kebutuhan energi minyak Dari hal ini membuat ketergantungan minyak ke impor semakin tinggi. Hal tersebut didorong dengan beberapa faktor, misalnya infrastruktur penunjang yang kurang memadai ketika  pembangunan pembangkit.  Selain itu, tak dipungkiri krisis energi yang terjadi di negeri ini  seyogyanya bukan dari kurangnya energi melainkan masih kurangnya pengelolaan energi yang dilakukan oleh pemerintah, mafia,  tindak pidana korupsi, maupun kebijakan-kebijakan yang berlaku yang tidak sesuai dengan UU, salah satunya UUD 1945 pasal 33 ayat 1 sampai 3, yang secara umum ditegaskan bahwa segala sesuatu yang berhubugan dengan hajat hidup orang banyak harus dikuasai oleh negara (misalnya Undang-undang Penanaman Modal Asing hasil amandemen UU yang ke empat, dimana UU ini membuka jalan yang besar kepada investor maupun pengusaha asing dalam mengeruk kekayaan energi di Indonesia).

 Potensi Energi di Indonesia

Terlepas dari semua permasalahan energi yang ada di Indonesia, kita juga perlu menyadari bahwa potensi energi di Indonesia sangat besar. Dapat kita lihat pada Blueprint Pengelolaan Energi Nasional 2010-2025 November 2007 dan Kebijakan Energi Nasional (KEN) dalam Peraturan Pemerintah No. 79 tahun 2014, menargetkan presentase pemanfaatan energi terbarukan dalam  energi nasional minimal sebesar 23% pada 2025 dan pada saat ini energi terbarukan yang sudah dimanfaatkan sekitar 6,8 persen. Hal ini tentunya memberi harapan besar kepada bangsa Indonesia, agar tetap optimis bahwa persediaan energi terbarukan dapat terealisasikan. Selain        itu kebijakan pemerintah yang lainnya yakni, pembagian sector bidang energi yaitu, perumahan dan niaga; transportasi dan industry; dan pertanian, pertambangan dan konstruksi. Dengan kebijakan tersebut tentunya pembangunan semakin mudah dikontrol dan hasilnya akan membuat setiap sector dapat berjalan dengan maksimal. Potensi lainnya adalah munculnya gerakan-gerakan peduli energi yang dibuat baik oleh komunitas kepemudaan seperti komunitas peduli bumi, komunitas earth hour, maupun sebuah gerakan yang dibuat oleh sebuah perusahaan missal gerakan peduli energi dari Pertamina. Selain potensi-potensi tersebut ada beberapa hal yang perlu disadari oleh semua bangsa Indonesia bahwa permasalahan energi bukan hanya masalah yang harus diselesaikan sendiri oleh pemerintah, maka kita semua perlu mengambil peran dalam masalah ini.

Terakhir, seyogyanya  permasalahan yang terjadi saat ini tak membuat kita semakin berharap kepada bangsa lain. Karena bagaimana pun jika bangsa ini saling bekerjasama mengembangkan potensi negaranya, maka ketergantungan kepada bangsa lain dapat dihilangkan, dan kita semua harus optimis bahwa cita-cita tersebut dapat terealisasikan.

Sumber

http://www.kompasiana.com/141082/ada-yang-salah-dengan-pengelolaan-energi_551c0719813311945e9de185

http://industri.bisnis.com/read/20160613/44/557309/potensi-energi-terbarukan-indonesia-masih-besar

https://id.linkedin.com/pulse/potensi-dan-perkembangan-energi-baru-terbarukan-di-surya-utama-nuansa

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close