Uncategorized

Divisi Kepustakaan dan Penerbitan Periode 2017-2018

Divisi Kepustakaan dan Penerbitan atau biasa disebut sebagai Divisi Pusbit merupakan divisi yang bertanggung jawab dalam mengelola perpustakaan LPM Penalaran UNM. Hal ini sesuai dengan Kerangka Kerja Internal Lembaga poin 4 yaitu melaksanakan pengembangan kepustakaan sebagai sumber referensi dan dapat diakses dengan baik oleh seluruh elemen LPM Penalaran UNM.  Selain mengelola perpustakaan, Divisi Pusbit juga bertanggung jawab terhadap penerbitan Jurnal yang rutin dilakukan dua kali setahun. Komposisi Kepengurusan Divisi Pusbit LPM Penalaran UNM periode 2017/2018 adalah sebagai berikut:

Ketua Divisi    : Nurfaida (Fisika, 2014)

Staff Divisi     :

  1. Abdi Manab Idris (Fisika, 2015)
  2. Fitriani (Pendidikan Sejarah, 2016)
  3. Hamia (Biologi, 2016)
  4. Humairah (Pendidikan Teknik Elektro, 2016)
  5. Ian Alfian (Pendidikan IPA, 2015)
  6. Nurwahyuni Idris (Fisika, 2015)
  7. Zahraini Fajri Nur (Bahasa Inggris, 2014)

Dalam menjalankan tugas dan fungsi divisi, Divisi Kepustakaan dan Penerbitan memiliki dua Program Kerja diantaranya :

  1. Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan

Program kerja pengembangan dan pengelolaan perpustakaan bertujuan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi pembaca serta menyediakan sumber referensi dan bahan bacaan terutama untuk menunjang pelaksanaan penelitian anggota LPM Penalaran UNM. Perpustakaan LPM Penalaran UNM memuat berbagai jenis buku umum, buku penelitian, prodising, skripsi, karya tulis ilmiah penelitian maupun karya tulis ilmiah nonpenelitian.

  1. Pengelolaan Jurnal Nalar Pendidikan

Jurnal Nalar Pendidikan (JNP) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM sebanyak dua kali dalam satu tahun. Penerbitan Jurnal Nalar Pendidikan pada periode ini telah memasuki volume kelima. Tujuan dari program kerja penerbitan Jurnal Nalar Pendidikan yaitu untuk mempublikasikan sekumpulan artikel hasil penelitian dengan tema pendidikan. Hingga sekarang ini, Jurnal Nalar Pendidikan telah terindeks dibeberapa badan pengindeks seperti CiteFactor, Scholarsteer, Directory of Research Journals Indexing, Open Academic Journals Index, Scientific Indexing Services, Science and Technology Index, Google Scholar, dan Indonesian Publication Index (Portal garuda).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close