Uncategorized

Divisi Pendidikan dan Pelatihan Periode 2017-2018

Divisi Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) merupakan salah satu dari 5 Divisi yang ada di LPM Penalaran UNM  yang bertanggung jawab memberikan wadah bagi anggota LPM Penalaran UNM dalam hal pendidikan dan pelatihan, baik dalam bidang Penelitian maupun Keorganisasian.

Divisi DIKLAT Periode 2017/2018

Ketua Divisi  : Musarrafa (Fisika/2015)

Staf Divisi     : A. Rafiqa Faradiyah (Pendidikan Matematika/2015)

: Aprilia Dewi Umalia (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/2015)

: Fitriana (Bahasa dan Sastra Indonesia/2015)

: Muh. Mahfud (Matematika/2016)

: Muh. Wahyu (Geografi/2015)

: Sakina Amaliah Pratiwi (Biologi/2016)

: Wahyudin (Kimia/2016)

Adapun Program Kerja Divisi DIKLAT Periode 2017/2018 yang telah diputuskan pada Rapat Kerja LPM Penalaran UNM yaitu, Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian XXI (PMP-OMK XXI), Kelas Riset, Kajian Keorganisasian dan Sharing Knowledge.

1. PMP-OMK XX

Program Kerja ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan LPM Penalaran UNM,  PMP-OMK XXI dilaksanakan untuk melakukan perekrutan anggota baru angkatan XXI, adapun tujuan diadakannya kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manejemen Keorganisasian (PMP-OMK) didasarkan pada pedoman pengkaderan LPM Penalaran UNM adalah sebagai berikut:

a.  Untuk memberikan pemahaman dan kemampuan dasar mengenai metodologi peneliti

b. Untuk menanamkan jiwa kepemimpinan dan manajerial organisasi yang tangguh serta                            berwawasan luas.

2. Kelas Riset

Program Kerja Kelas Riset dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan Tugas dan Fungsi LPM Penalaran dalam memberikan wadah bagi mahasiswa dalam bidang penelitian. Tujuan dari Kelas Riset adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penelitian melalui konsep interaktif antara pemateri dan peserta guna meningkatkan pemahaman secara signifikan bagi peserta. Dengan adanya Kelas Riset ini, diharapkan LPM Penalaran UNM akan menghasilkan kader-kader peneliti yang kompeten dan profesional.

Kelas Riset periode 2017/2018 dikonsep seperti kelas-kelas perkuliahan di kampus, dimana Materi disajikan secara berkesinambungan dengan 1 pemateri tetap. Selain itu, kelas dibagi dalam empat bidang, yaitu Bidang Sains, Pendidikan, Sosial Humaniora, dan Teknologi,. Anggota akan memilih kelas sesuai dengan bidangnya, pada setiap bidang tersebut terdapat bedah Jurnal sesuai dengan bidangnya.

3. Kajian Keorganisasian

Program Kerja ini bertujuan untuk membentuk kemampuan manajerial organisasi bagi anggota LPM Penalaran UNM dalam melaksanakan program kerja kelembagaan. Dengan adanya kajian ini maka anggota LPM Penalaran UNM memiliki bekal pemahaman yang baik tentang manajerial organisasi. Kajian ini akan diadakan  sebanyak 6 kali dengan pemberian materi yang berbeda-beda. Materi pada kajian ini dianalisis sesuai dengan kebutuhan Lembaga.

4. Sharing Knowledge

Program ini dilaksanakan didasari bahwa Ilmu pengetahuan terus berkembang selaras terhadap perkembangan zaman, selalu saja ada penemuan baru, baik itu dalam bentuk teori, maupun teknologi. Olehnya Divisi Diklat melaksanakan Program ini dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada Anggota LPM Penalaran UNM terkait Ilmu Pengetahuan secara umum, isu-isu kontemporer, serta pengalaman para Alumni LPM Penalaran UNM dalam hal bidang ilmu maupun perjalanannya dalam meraih kesuksesan.

Diluar dari Program Kerja tersebut, Divisi Diklat bertanggung jawab dalam hal pendidikan, keaktifan dan produktifitas kader LPM Penalaran UNM.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close