Call us on 0823-9388-3833

Home » Artikel » Penelitian Deskriptif Kuantitatif

Penelitian Deskriptif Kuantitatif

Penelitian Deskriptif Kuantitatif

Apa itu Deskriptif Kuantitatif?

Deskriptif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti bersifat deskriptif, atau bersifat menggambarkan apa adanya.

Pengertian Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif dilakukan untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi  secara faktual, sistematis, dan akurat. Pada penelitian ini, penulis berusaha mendeskripsikan peristiwa yang menjadi pusat penelitian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut.

Menurut Sugiyono (2008), Penelitian desktiptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain.

Penelitian deskriptif ini adalah salah satu jenis penelitian kunatitaif non eksperimen yang tergolong mudah. Penelitian ini menggambarkan data kuantitatif yang diperoleh menyangkut keadaan subjek atau fenomena dari sebuah pupulasinya.

Sebagai contoh, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar materi fisika di salah satu sekolah. Penelitian yang sesuai untuk digunakan adalah penelitian kuantitaif deskriptif. Melelaui penelitian deskriptif akan diperoleh gambaran mengenai status subjek dalam kondisi tertentu. Subjeknya adalah populasi peserta didik di sekolah dan kondisinya adalah kesulitan belajar fisika.

Insrtumen Penelitian yang digunakan

Instrumen penelitian yang sering digunakan pada penelitian ini adalah angket yang berisi beberapa item pertanyaan tentang persepsi terhadap masalah penelitian. Selain angket, terdapat juga pedoman wawancara sebagai tindak lanjut dari pemberian angket agar hasil penelitian lebih akurat.Seperti penelitian pada umumnya, teknik pengumpulan data pada penelitian deskriptif dilakukan dengan observasi studi pendahuluan, pemberian angket, dan wawancara. Kemudian data diolah berdasarkan teknik analisis data yang sesuai.

Hipotesis Deskriptif

Pada penelitian deskriptif kuantitatif dikenal dengan adanya hipotesis deskriptif. Hipotesis deskriptif ditentukan dengan cara menetapkan kriteria tertentu atau batasan berdasarkan kajian teoretis oleh peneliti. Mislanya, pada penelitian tingkat temperatur udara yang baik bagi tanaman tropis. Peneliti berdasarkan kajian teroretis berhipotesis bahwa temperatur udara yang baik bagi tanaman tropis adalah berkisar antara 15 – 18 °C. Sehingga data yang diperoleh dari hasil penelitian diinterpretasikan berdasarkan hipotesisnya apakah akan melebihi, sesuai, atau bahkan kurang dari hipeteisnya.

Ciri-ciri Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif sangat penting sebagai studi pendahuluan bagi penelitian lain atau penelitian lanjutan. Secara umum, penelitian deskriptif kuantitaif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Cenderung menggunakan satu variabel dalam operasionalnya.
  2. Tidak menutup kemungkinan menggunakan dua variabel atau lebih tetapi tidak untuk dihubungkan, dibandingkan, atau dicari sebab akibat.
  3. Analisis data diarahkan pada pencarian mean, presentase, atau modus.
  4. Analisis data dilakukan stelah semua data terkumpul.
  5. Kegiatan data dimungkinkan untuk diwakilkan.

 

Daftar Rujukan

Brannen, Julia. 2005. Memandu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. M. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Related Post

Penelitian Pre Eksperimen Penelitian Pre-EksperimenPenelitian pre-eksperimen atau pre-experimental designs merupakan rancangan penelitian yang belum dikategorikan sebagai e...
Penelitian Expo-Facto PENELITIAN EXPOST FACTO A. Pengertian Expost Facto Secara harfiah, expost facto berarti “sesudah fakta” karena sebab yang akan diteliti telah mempen...
Penelitian Kebijakan PENELITIAN KEBIJAKANTerdapat beragam jenis metode penelitian yang dapat digunakan dalam melakukan penelitian. Salah satu metode penelitian adalah ...
Penelitian Eksperimen Semu Rancangan Eksperimen SemuPenelitian Eksperimen adalah penelitian yang bertujuan untuk meramalkan dan menjelaskan hal-hal yang terjadi atau yang ak...