Artikel

Analisis Penelitian Gabungan

Analisis Isi (Content Analysis) Penelitian Gabungan

Analisis isi merupakan salah satu tipe dari penelitian gabungan yang sering dilakukan.

A. Pengertian Analisis Isi

Yusuf (2016) mengemukakan bahwa analisis isi adalah teknik analisis dengan cara mengidentifikasi secara sistematis dan objektif suatu pesan atau data sesuai konteks yang dicari dari berbagai dokumen tertulis maupun rekaman untuk menarik suatu kesimpulan. Sejalan dengan pendapat tersebut, West dan Turner (2008) mengemukakan bahwa analisis isi merupakan teknik untuk analisis tekstual dengan mereduksi teks menjadi unit-unit kemudian mengodekan unit-unit tersebut guna membuat kesimpulan tentang komunikasi dalam teks. Berdasarkan dua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa analisis isi merupakan teknik analisis tekstual berupa pengidentifikasian data dalam dokumen atau rekaman dengan mengodekan unit-unit untuk menarik kesimpulan komunikasi dalam teks.

B. Tipe Analisis Isi

Tipe Analisis Isi menurut Yusuf (2016) dibedakan atas dua kategori sebagai berikut.

  1. Analisis konseptual

Kategori ini digunakan untuk menentukan keberadan konsep serta kuantitasnya dalam teks yang dicatat karena sebelum memulai suatu proses konsep secara tersirat dan gamblang dianggap baik. Cara yang dilakukan yaitu mengidentifikasi pertanyaan penelitian dan memilih subjek. Ide sentral dari analisis isi adalah pengkodean teks yang dipilih sebagai salah satu cara mereduksi pilihan. Karakteristik pesan dianalisis dan ditafsirkan setelah memecah isi materi menjadi bermakna dan berhubungan dalam unit informasi. Contohnya dalam pengujian suatu teks, pendapat setuju diwakili jumlah kata-kata positif dan pendapat menantang diwakili jumlah kata-kata negatif.

  1. Analisis hubungan (Relational analysis)

Kategori ini digunakan untuk menguji hubungan di antara konsep dalam suatu teks dengan langkah awal menetapkan kemungkinan tipe konsep yang akan diselidiki dan dianalisis. Usahakan kategori yang dipilih tidak terlalu banyak karena akan membuat kesimpulan kurang dapat dipercaya.

C. Keuntungan dan Kelemahan Analisis Isi

Keuntungan analisis isi menurut Yusuf (2016) antara lain.

  1. Dapat memenuhi aspek sentral dalam interaksi sosial dengan melihat wajah secara langsung melalui komunikasi teks atau manuskrip.
  2. Dapat menyediakan nilai sejarah sepanjang waktu melalui analisis teks.
  3. Dapat dijadikan cara tidak langsung dalam menganalisis interaksi.
  4. Dapat mengarahkan pemahaman sesuai model berpikir manusia beserta penggunaan bahasanya.
  5. Memadukan metode kuantitatif dan kualitatif.

Kelemahan analisis isi menurut Yusuf (2016) antara lain.

  1. Hanya menghitung kata-kata sehingga cenderung menyederhanakan
  2. Waktu yang diperlukan bisa lama untuk menghitung dan mencari rasional konsep dalam suatu teks.
  3. Dapat terjadi kesalahan jika analisis hubungan digunakan untuk level penafsiran yang lebih tinggi.
  4. Teks yang kompleks dapat tereduksi.

D. Contoh Penelitian Menggunakan Analisis Isi Penelitian Gabungan

Sebuah penelitian dari Schram (2014) dengan judul A Mixed Methods Content Analysis of the Research Literature in Science Education menggunakan metode analisis isi penelitian campuran. Peneliti menganalisis 18 artikel dari tiga jurnal pendidikan sains yang menggunakan metode campuran dalam hal jenis data yang dikumpulkan, waktu, prioritas, desain, pencampuran dua untaian data, dan alasan penggunaan metode campuran. Peneliti menggunakan desain paralel konvergen sehingga data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan secara bersamaan, dianalisis secara terpisah, kemudian pada hasil dan bagian diskusi keduanya digabungkan.

Daftar Pustaka

Yusuf, Muri. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Schram, Asta B. 2014. A Mixed Methods Content Analysis of the Research Literature in Science Education. International Journal of Science Education Vol 36 (15): 2619–2638.

West, Richard dan Turner, Lynn H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close