Ringkasan Penelitian

Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Pengembangan SIA UNM

Judul Penelitian:

Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Pengembangan SIA UNM


Tahun Penelitian:

2017


Nama Peneliti:

Risman Anwar, Humairah, Aswin Asrianto


Latar Belakang:

Menghadapi laju perkembangan teknologi yang begitu pesat, lembaga pendidikan khususnya di Universitas dituntut untuk selalu memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan baik yang terkait dengan internal maupun lingkungan eksternalnya. Perlu adanya strategi-strategi khusus yang harus dilakukan agar dapat bertahan dan bahkan dapat meningkatkan prestasi dalam akademik (Abdurahman, 2016). Tetapi sistem informasi tersebut harus diperhatikan dari segi pemanfaatan dan pengamanan yang tepat, agar hasil yang dicapai dapat sesuai dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna teknologi itu sendiri.

Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah salah satu penyedia SIA. Sistem pengolahan dan pelaporan data aset tersebut telah berkembang dengan memanfaatkan teknologi informasi. Data-data yang ada dikelola dalam bentuk database, sehingga mahasiswa dapat dengan mudah untuk mengakses informasi serta dapat dengan mudah melakukan pengisian yang berkaitan dengan kuliah.  Namun pada penerapannya SIA yang telah diterapkan masih terdapat kekurangan di dalamnya, salah satunya pada saat melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang diakses oleh orang banyak, sistem tersebut menjadi lambat respon kepada pengguna dan bahkan sulit untuk diakses. (Kuba, 2015). Selain itu berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh SIA terhadap kepuasan mahasiswa UNM menunjukkan skor nilai kepuasan mahasiswa terhadap kualitas SIA UNM, pada keseluruhan subjek penelitian berada dalam kategori sedang, karena banyaknya kekurangan dalam pelayanan SIA. (Wahyudi, dkk, 2016). Dari permasalahan tersebut penulis berinisiatif untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan SIA UNM. Penulis ingin mengetahui penyebab dari masalah tersebut dan dapat memberikan saran agar sistem tersebut  dapat berkembang lagi.


Tujuan Penelitian:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan SIA UNM.


Metodologi penelitian:

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagai mana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi (Sugiyono, 2015). Dalam hal ini gambaran menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan SIA UNM.

Definisi operasional merupakan batasan-batasan yang di gunakan untuk menghindari perbedaan interpretasi dan persepsi terhadap variabel yang diteliti. Analisis kebutuhan SIA UNM merupakan proses menganalisa kebutuhan pengembangan apa saja yang dibutuhkan SIA UNM agar lebih baik lagi berdasarkan respon dan komentar pengguna sistem. Adapun indikator dalam menentukan respon pengguna yaitu portability, functionality, realibity, dan usability.

Populasi dan Sampel

Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dan stratified random sampling dimana untuk mendapatkan sampel yang langsung dilakukan pada unit sampling.

Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiono, 2009).  Setelah peneliti melakukan metode Purposive Sampling, peneliti memilih mahasiswa karena penggunaan SIA lebih banyak menggunakan SIA. Dan dikhususkan kepada mahasiswa  UNM pada angkatan 2013-2016 yang masih aktif menggunakan sistem informasi akademik UNM.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan pengukuran skala likert. Teknik ini bertujuan menganalisa kebutuhan apa saja yang dibutuhkan sistem informasi akademik unm agar lebih baik lagi berdasarkan kepuasan pengguna sistem  dan masukan pengguna.. Skala yang digunakan dari dua item pertanyaan, yaitu favorable (mendukung) dan unfavorable (tidak mendukung).

Teknik Analisis Data

Pada penelitian ini, akan digunakan metode analisis statistik deskriptif. Analisis statistik deskriptif merupakan analisis statik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul  sebagai mana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi (Sugiyono, 2015). Dalam penelitian ini, analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui analisis kebutuhan apa saja yang dibutuhkan sistem informasi akademik UNM agar lebih baik lagi berdasarkan kepuasan dan masukan pengguna mahasiswa selaku pengguna.


Hasil dan pembahasan

Analisis sistem digunakan untuk penyelesaian masalah (problem-solving) dari suatu sistem dengan membagi sistem ke dalam beberapa bagian dengan tujuan untuk mempelajari bagaimana cara masing-masing bagian bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujuannya. Pengaruh dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya. Isi dari angket mencakup aspek ISO 9126 pengujian perangkat software sebagai berikut:

1.Functionality

Berdasarkan data dari hasil pembahasan hasil penilaian per-aspek tampak bahwa skor penilaian Sistem Informasi Akademik UNM  untuk indikator functionality, indikator ini menunjukkan sebanyak 3 orang pada kategori sangat rendah dengan persentase 0,77%, sebanyak 223 orang berada pada kategori sedang dengan persentase 57,18%, dan sebanyak 20 orang dengan kategori sangat tinggi dengaan persentase 5,13%, dalam hal skor penilaian SIA UNM.

  1. Reliability

Berdasarkan data dari hasil pembahasan penilaian per-aspek, tampak bahwa skor penilaiaian SIA UNM, indikator ini menunjukkan sebanyak 14 orang berada pada kategori sangat kurang tinggi dengan persentase 3,59%, sebanyak 208 orang berada pada kategori sedang dengan persentase 53,3%, dan sebanyak 2 orang berada pada kategori sangat  tinggi dengan persentase 0,51%.

  1. Portability

Berdasarkan data dari hasil pembahasan penilaian per-aspek, tampak bahwa skor analisis kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan SIA UNM untuk aspek portability menunjukkan sebanyak 2 orang berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 0,51%, sebanyak 101 orang berada pada kategori sedang dengan persentase 25,90%, dan sebanyak 407 orang berada pada kategori sangat  tinggi dengan persentase 12,05%.

  1. usability

Berdasarkan data dari hasil pembahasan penilaian per-aspek, tampak bahwa skor analisis kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan SIA UNM untuk aspek, tampak bahwa skor penilaian mahasiswa dalam analsisis pengembangan SIA UNM untuk aspek usability. Menunjukkan sebanyak 0 orang berada pada kategori sangat kurang tinggi dengan persentase 0%, sebanyak 177 orang berada pada kategori sedang dengan persentase 45,8%, dan sebanyak 31 orang berada pada kategori sangat  tinggi dengan persentase 7,95%.


Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai analisis kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan SIA UNM, maka dapat disimpulkan bahwa masih dibutuhkan adanya pengembangan dalam beberapa aspek pada Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Makassar, misalnya pada aspek funcionality, reability, portability dan usability serta terdapat beberapa kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan SIA UNM.

Saran

Saran yang dapat diajukan berdasarkan simpulan diatas adalah sebagai berikut:

  1. Bagi peneliti, karya ini ssebaiknya menjadi tolak ukur untuk menyempurnakan penelitian selanjutnya.
  2. Bagi mahasiswa, dengan adana SIA diharapkan fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan administrasi persemester dan digunakan secara maksimal.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close